Senin, 20 Mei 2013

Agriculture ? It's Cool..

Oleh : Kang Ucok
Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kita ketika mendengar kata 'pertanian' ? Lumpur, jorok, miskin, ndeso ?  
 Image seperti itu sudah 'terlanjur' melekat pada pertanian ini. Padahal ini negara agraris. Terletak di garis khatulistiwa dengan sumber pencahayaan yang memadai. Tanahnya subur karena diapit dua samudera. Tapi tetap saja pertaniannya masih jauh dari harapan. Sehingga siapapun akan mengatakan, "kalau mau jadi orang, jangan jadi petani".
Kata orang bijak,"Nothing is Created Without Eat". Tidak ada yang bisa dilakukan kalau tidak makan. Tidak usah mengerahkan banyak senjata untuk menghancurkan sebuah negara, cukup hancurkan pertaniannya. Uni Sovyet contohnya. Negara ini sangat bergantung terhadap gandum sebagai makanan pokoknya tetapi masih impor dari musuh besarnya, Amerika Serikat. Cukup dengan gandum, Uni Sovyet jatuh juga.
Sejarah juga mencatat bahwa negeri ini terkenal dari pertaniannya. Kalau bukan karena rempah-rempah, Eropa tidak akan masuk ke Nusantara. Nusantara adalah paradisenya dunia.
Negeri ini seharusnya ber-muhasabah diri. Pemudanya terlalu enggan untuk memanggul cangkul dan jala. "nggak modern",katanya. Para petani seperti 'anak tiri' saja. Jangankan untuk pendidikan, makan saja tecukupi sudah Alhamdulillah. Angkatan kerjanya pengangguran, lahan pertanian juga nganggur.
Sudah saatnya untuk kembali memajukan pertanian Indonesia. Karena ini bukan sekedar menyerap tenaga kerja. Lebih dari itu, ini adalah tugas mulia. Lebih dari sekedar kerja, ini menyangkut hidup manusia se-Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar