Sabtu, 18 Mei 2013

Bersabarlah, Angin Itu Akan Membawamu ke Surga


Oleh: Kang Ucok

“Aku seperti ada di atas gedung tertinggi sedunia, terhimpit tembok raksasa cina, tenggelam di dasar samudera Hindia. Berteriak, tak ada satupun yang mendengar sisa suara yang ada. Meronta, untuk bernafas pun susah.”
Deskripsi di atas pasti sangat berlebihan menggambarkan situasi yang mungkin sebagian dari kita pernah merasakannya. “Galau akut”, katanya. Penyebabnya mungkin saja nilai UAS yang jauh dari pandangan mata, SNMPTN yang berujung dengan penyesalan sebesar-besarnya, sahabat yang tidak mengerti  arti kata ‘setia’, masalah rumah tangga, hingga persoalan yang sudah biasa, C.I.N.T.A.
Tapi pernahkah kita bayangkan, kita lahir ke dunia saja adalah nikmat yang tiada tandingannya. Deskripsi kegalauan dari Taufik Ismail pun pasti kalah. Belum lagi jaminan dari rabb kita, bahwa kehidupan ini semuanya sudah di-setting oleh-Nya. Kita hanya menjalani. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak terus melangkah.
Inna ma’al ‘usri yusran”. Setiap kesusahan itu pasti ada kemudahan. Bayangkan saja, ketika kita dalam susah, kita terus saja merenunginya. Lagi, dan lagi, kita hanya merenunginya. Seakan kita tak sadar, kalau saja kita melangkah, mungkin saja di sana ada kemudahan yang dijamin-Nya. Tapi terkadang kita diam saja, hingga kesempatan itu sirna.
Innallaha ma’ashshabiriin”. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. Bersabarlah, mungkin kuliah dengan tumpukan tugas dan jadwal padat ini memiliki sisi lain yang akan memudahkan kita di suatu hari nanti. Mungkin kita tidak diijinkan ke sana karena sudah ada yang lebih indah menanti kita. Mungkin masalah-masalah ini akan lebih mendewasakan kita.
Usiamu masih belia, kawan. Belum cukup garam yang kita makan untuk bekal di zaman ini. Perlu ada sedikit ‘polesan’ dan ‘sentuhan’ untuk mendewasakan. Bersabarlah dan tetaplah berusaha. Jangan takluk dengan duri kecil di jalanan. Jangan kalah dengan beratnya tipu daya setan. Keep Istiqamah, tetap berusaha, dan bersabarlah. Insya Allah, engkau akan mendapati angin itu akan membawamu ke surga.
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar